BAWA BAYI SAAT TRAVELING

Saat jalan-jalan liburan di akhir tahun bersama keluarga mestinya menjadi saat yang menyenangkan. Apalagi kalau anda sudah punya istri/suami dan anak tentunya. Namun satu hal yang paling penting ialah menjaga keselamatan dan kenyamanan anak anda supaya dia juga bisa bersenang-senang dan menikmati liburan ini. Bagaimana caranya?

Naik Pesawat:
  1. Pastikan seatbelt anak anda terus terpasang dan jangan biarkan dia bermain seenaknya selama didalam pesawat. Bawa mainan, buku, atau musik favoritnya sehingga ia betah di tempat duduk. Supaya kalau terjadi goncangan atau sejenisnya, anak anda aman.
  2. Pastikan pesawat tersebut memberikan pelayanan yang maksimak kepada penumpang anak-anak, dari peralatan darurat untuk anak, sampai makanan serta permen-permen yang enak khusus anak.
  3. Sebaiknya dudukkan anak anda di dekat jendela bukan di dekart lorong. Anak kecil biasanya suka sekali melihat awan atau pemandangan dari jendela pesawat. Kalau anak di lorong, mereka akan terganggu denga npenumpang lain dan beresiko tersenggol-senggol oleh penumpang maupun pramugara/i.
  4. Jika anak gatal ingin jalan atau ke kamar mandi, temani dia, jangan biarkan pramugara/I yang menemani walau mereka memang baik atau ramah sekalipun.

Di hotel:

  1. Pertama yang harus anda lakukan ketika masuk kekamar hotel, anda harus memeriksa secara menyeluruh apakah ada objek yang bisa membahayakan anak di lantai, kamar mandi, atau manapun. Periksa jendela, pintu, dan kunci dari pintu itu.
  2. Jika anak anda masih kecil, segera amankan benda-benda seperti asbak, pembuat kopi, pengering rambut, dan benda lain yang mudah terjangkau namun berbahaya bagi anak.
  3. Pastikan lantai atau karpetnya bersih. Tempat tidur dan kamar mandi juga pastikan dalam keadaan baru dibersihkan dengan benar.
  4. Jangan biarkan anak anda bermain dengan telepon.
  5. Jangan biarkan anak anda membuka pintu jika ada room service atau siapapun. Biarkan orang dewasa yang mengatasi tamu yang datang ke kamar anda.

Jika anda ke luar negeri:

  1. Bawa lengkap P3K anak anda. Dari vitamin sampai minyak kayu putih harus lengkap, jangan mengandalkan dokter di negara yang tidak familiar dengan anda.
  2. Sebelum pergi, sebaiknya anak anda di imuniasasi agar tidak mudah tertulat penyakit yang sedang mewabah di negara tersebut.
  3. Bawa mainan anak anda yang paling dia suka supaya sepanjang jalan atau ketika sampai disana anda tidak repot mencari cara membuatnya senang.
  4. Cari info tempat yang akan anda kunjungi baik lewat buku, internet atau info dari teman. Dari begitu anda bisa tahun tentang makanan, cuaca, dan lingkungannya supaya anak anda tidak sakit perut, flu, atau sejenisnya.

Menyetir sendiri:

  1. Sesekali berhentilah supaya anak bisa meregangkan kaki atau lainnya.
  2. Hanya jika terpaksa, beri anak obat anti mabuk supaya tidak terlalu ricuh sepanjang jalan.
  3. Bawa cemilan berupa buah atau cemilan sehat lain untuk dinikmati anak.
  4. Bawa musik dalam kendaraan anda untuk membuat anak riang dan ikut bernyanyi sepanjang jalan.
  5. Pastikan anda memiliki seat belt untuk kursi anak anda.
  6. Jangan terlalu mengebut dan ingat untuk istirahat ketika mengantuk.
  7. Jangan biarkan anak bermain Ă¢??setir-setiranĂ¢? bersama anda karena berbahaya. Berdiri di kursi depan pun berbahaya bagi anak.
  8. Bawa bantal, jaket, selimut dan peralatan lainnya untuk kenyamanan anak.

Selamat berlibur!!

Sumber http://www.tipstrik.com/tips-keluarga/tips-travel-bersama-anak.html

Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Amazon

adsense